Monitor (screen)

|


Monitor merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketik pada keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga dengan visual display unit(vdu).

Monitor merupakan salah satu jenis perangkat soft-copy karena keluaranya adalah berupa sinyal elektronik, yaitu berupa gambar yang tampil dilayar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.


Monitor memiliki berbagai variasi ukuran (14, 15, 17 atau 21) dan mempunyai resolusi warna yang berbeda-beda yang berpengaruh terhadap ketajaman gambar, antara lain 800x600 dan 1024x800.

Monitor pada saat ini terdiri atas berbagai ukuran dengan variasi layar cembung maupun layar datar (flat/catchode ray tube). Monitor CRT membentuk citra gambar dengan menembakkan electron didalam tabung. Berbagai warna dapat dihasilkan dari kombinasi warna RGB (red, green, blue) dengan intensitas tertentu. Monitor LCD berukuran tipis, ringan, dan hampir tidak ada radiasinya.

Monitor|, berdasarkan bitnya, monitor dapat memiliki 256 color, 16 bit color(high color), atau 24 bit(true color). Berdasarkan refresh rate-nya, monitor ada yang memiliki refresh rate 60Hz, 70Hz, 72Hz, 75Hz, atau 85Hz. Refresh rate merupakan ukuran kecepatan tembakan electron dan besarnya dapat diatur melalui system operasi. Berdasarkan teknologi adapternya. monitor terdiri dari CGA (color graphics adapter), EGA (enhanced graphics array), dan XGA (extended graphics array). Pada monitor jenis CGA, titik-titik yang dihasilkan adalah 640x200 piksel, menampilkan 80 karakter memanjang monitor yang memiliki teknologiadapter paling tinggi.

Monitor| berdasarkan kemampuan menampilkan warna, monitor dapat dikelompokan menjadi monitor monokrom, gray-scale, dan berwarna. Monitor monokrom hanya mampu menampilkan dua warna, monitor gray-cscale mampu menampilkan gradasi warna abu abu, sedangkan monitor berwarna menerima tiga sinyal terpisah, yaitu merah, hijau, dan biru, serta dapat menmpilkan 16-1juta warna.

Jenis monitor yang sekarang paling banyak digunakan adalah SVGA. Pada monitor ini, ditampilkan standart gambar yang dihasilkan memiliki ketajaman (resolusi sebesar 640x480 piksel. Maksudnya, 640 piksel secara horizontal dan 480 piksel secaravertikal. Ukuran ini dapat diubah menjadi 1024x768piksel. Kualitas gambar juga bisa dilihat dari jumlah warna yang ditampilkan, misalnya 16,256, bahkkan dapat mencapai jutaan jenis warna. Jumlah warna dapat dipengaruhi oleh kapasitas penyimpanan warna. Umunya kapasitas penyimpanan pada monitor terdiri atas 16 bit dan 32 bit.

sumber : www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar